Saturday, November 10, 2012

belajar asas asas manajemen

hallooo... ini postingan pertama saya di blog denipantom.blogspot.com .
langsung saja ya,disini saya ingin berbagi ilmu sedikit nih dari apa yang saya sudah pelajari. Yang pertama saya akan menjelaskan tentang MANAJEMEN, yang saya jelaskan ini memang tidak terlalu rinci tetapi setidaknya kita bisa paham apa itu arti manajemen

Manajemen
Manajemen berasal dari kata to manage yang artinya mengatur/mengelola.
Manajemen secara teori artinya suatu proses yang berulang-ulang mulai dari Planning (perencanaan) --> Organizing (pengorganisasian) --> actualing (pengarahan) --> Controlinng ( membandingkan pelaksanaan sesuai atau tidak dengan perencanaan) untuk mengoptimalkan sumber daya atau disebut unsur-unsur manajemen untuk mencapai suatu tujuan.

menurut james a.f stoner manajemen adalah proses merencanakan,mengorganisasikan,memimpin dan mengendalikan berbagai upaya dari anggota organisasi, dan proses penggunaan semua sumber daya organisasi demi tercapainya tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

dalam proses manajemen itu tidak lepas dari 5W+1H :
what diatur  : unsur-unsur manajemen
why diatur   : agar unsur optimal
who mengatur  : pimpinan atau manajer
when diatur  : setiap saat ( dari mulai berdiri organisasi sampai bubar )
where mengaturnnya : dalam wadah organisasi ataupun perusahaan
How mengaturnya : sesuai fungsi manajemen ( P.O.A.C )


unsur-unsur manajemen 
  1. men ( manusia )
  2. money
  3. mecin
  4. motode ( sebuah cara menyelesaikan tugas )
  5. material ( bahan baku disebut juga raw material )
  6. market ( pasar )
  7. Time ( berarti harus punya batasan waktu )
  8. morale ( semangat kerja => bisa dengan gaji/bonus/asuransi/dan tunjangan lainnya )
  9. teknologi dan informasi

apa sih keuntungan kita belajar manajemen ?

  1. meminimize uang
  2. agar efektif dan efisien dalam waktu
  3. agar unsur manajemen menjadi optimal
sarat tujuan yang baik 
  • realistik : artinya tujuan bisa dicapai dan bukan hanya angan-angan
  • spesifik : jelas apa yang dicapai dan operasional
  • terukur : ada ukuran tertentu untuk keberhasilan
  • terbatas waktu : ada batasan atau target untuk mencapai sasaran
nah itulah awal permulaan kita belajar manajemen, untuk selanjutnya akan saya post tentang manajemen dikemudian hari. dan di blog ini juga saya akan mempost beberapa artikel-artikel yang bisa anda baca baik itu soal pelajaran, pengaaman saya, cerita percintaan, dan banyak lagi
terimakasih :D

No comments:

Post a Comment

Sudah baca isinya? terimakasih bagi anda yang mau koment, kritik dan saran anda sangat berguna untuk saya dalam mengshare artikel seputar pembelajaran