Kamis, 15 November 2012

mengenai pasal 31 UUD'45

haloo semua... terimakasih bagi para kawan-kawan yang mau meluangkan waktunya untuk membaca blog gua..
kali ini  gua akan membahas tentang "UUD'45 Pasal 31"
bukannya gaya dan sok tau ya gua tentang Indonesia,tapi kita sebagai warga Indonesia memang berhak tau dan harus tau tentang negara kita sendiri.
sebelumnya sudah ada yang tahukah isi pada Pasal yang disebutkan diatas ?
nah nih gua kasih tau isinya ya, pertama-tama kita bahas dulu pasal 31 oke.. heheh

UUD'45 pasal 31 itu tentang "pendidikan dan kebudayaan" ,jadi kali ini saya akan membahas mengenai pendidikan dulu ya.. mari kita berpikir sama-sama heheh
pasal 31 ayat 1 : " setiap warganegara berhak mendapat pendidikan"Waaw dari tuliasannya aja kita pasti sudah bisa membayangkan apabila pasal itu memang benar terwujud pasti kita ngga bakalan lagi ngejumpai warga Indonesia yang masih buta aksara dan bodoh. jadi siapa kah yang harus memberikan pendidikan tersebut ?
pasal 31 ayat 2 : " setiap warganegara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya"

nah kalo disambung dari ayat sebelumnya yaitu ayat 1,maka sudah jelas dari ayat ini bahwa pemerintah wajib  membiayai segala dana pendidikan dasar,tetapi nyatanya kenapa masih banyak warganegara indonesia yang buta huruf?apa karena kurangnya sarana pendidikan ? Aduhh ngga masuk akal banget kalo alesan utamanya itu kurangnya sarana pendidikan, soalnya kalo kita baca ayat berikutnya yaitu;
pasal 31 ayat 4 : "negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan  dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja dareah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional"
nah sudah jelas kan, prioritas utamanya itu anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari APBN dan APBD. yang namanya prioritas itukan berarti yang harus diutamankan terlebih dahulu. jadi memang pendidikan itu seharusnya didahulukan, dan negara ngga akan pernah rugi apabila warganegara menjadi pintar,itu kan berarti pola pikir masyarakat secara luas juga berubah dan perekonomian juga otomatis akan berubah seiring dengan SDM yang semakin berkualitas.
coba kita main hitung nih, apabila benar yang di tuliaskan di http://infoindonesia.wordpress.com/2012/03/29/apbn-2012/ dan
http://blogpajak.com/apbn-indonesia-tahun-2012/
sebesar Rp. 1311 trilyun loh pendapatan negara kita, kalo emang negara memprioritaskan sebesar 20% untuk pendidikan berarti anggaran untuk pendidikan itu sebesar Rp 262,2 trilyun dong
apa iya dana sebegitu besar masih kurang cukup untuk membiayai saran pendidikan di segala penjuru Indonesia? katanya kita mau SDM kita ini berkualitas, tapi nyatanya buat pendidikan aja pemerintah masih mikir dua kali. kalo seperti itu adanya mah UUD'45 pasa 31 ayat 4 itu ngga berlaku dong, mending hapus aja ayat itu dari pada cuma buat menuhin UUD doang, gapapa kan klo cuma ayatnya yang ilang satu ahaha


okeh.. mungkin itu dulu nih yang bisa gua tulis di blog gua, tangan udah pegel banget nih soalnya, klo ngomongin Indonesia tangan gua serasa males banget ngetik ahaha
semoga apa yang gua tulis bisa bermanfaat ya aamiin oiya semoga juga pasal 31 UUD'45 bisa terwujud aamiin..........
deni phantom
 nih beberapa potret sekolah yang sudah tidak layak pakai dan butuh dana





Baca juga nih ya :) :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terimakasih bagi anda yang mau koment, kritik dan saran anda sangat berguna untuk saya