Friday, January 25, 2013

Fakta Unik Tentang Binatang

Setelah googling dan baca ebook, gua menemukan Fakta Unik Tentang Binatang. Banyak sekali hal-hal unik yang terdapat hampir di berbagai macam spesies binatang. Gua aja sampe kaget juga setelah mengetahuinya hehe. Langsung aja nih..

1. Hewan Tercepat di Dunia
falcon paregrine
Falcon Paregrine
Kita mungkin taunya kalau binatang tecepat di bumi itu adalah Cheetah kan. Kucing besar yang hidup di dataran afrika ini berlari dengan kecepatan 114 km/jam. Tapi sebenarnya binatang tecepat di muka bumi adalah seekor burung yang bernama The Paregrine Falcon ( Falco peregrinus). Ia bisa terbang dengan kecepatan 390 km/jam loh. Mobil balap F1 aja kalah yang kecepatan maksimumnya 370 km/jam. Namun sayang hewan ini populasinya semakain sedikit. Apalagi kalo bukan ulah manusia sendiri yang menyebabkan merosotnya populasi binatang ini.




2. Ikan Layar atau Sailfish
ikan layar
ikan layar
Ikan ini masih menjadi misteri bagi para ilmuan bidang biologi kelautan soalnya ikan ini pergerakannya cepat dan tingkat migrasinya juga tinggi jadi susah untuk mencari lokasi populasi mereka. Tapi tahukah kalian bahwa ikan ini memang benar-benar cepat, bayangkan saja hanya dalam waktu 36 jam setelah bertelur,telurnya sudah bisa langsung menetas. Dan juga pertumbuhan fisik ikan ini pun sangat cepat, sekitar 6 kaki per tahunnya lho.







3. Hewan terkuat
kumbang badak
kumbang badak
Dalam hal ini bukan berarti terkuat dalam pertempuran hhehe tapi terkuat dalam mengangkat suatu beban. Mungkin kita tahu bahwa hewan terkuat yaitu gajah. Ia bisa mengangkat beban dengan proporsi 25% dari berat tubuhnya. Tapi sebenarnya seekor Kumbang Badak lah yang terkuat. Ia mampu mengangkat beban hinggga 850 kali berat badannya. Waww sungguh menakjubkan bukan.






4. Burung Unta
burung unta
burung unta
Burung unta beda banget dengan burung-burung lainnya. Tingginya aja bisa sampai 2,5 meter degan berat 180 kg. Burung ini bisa bertahan hidup dengan suhu 48 derajat celcius lho. Umurnya juga bisa sampai 50 tahun. Kecepatan larinya itu bisa sampai 50 km/jam, jadi klo mau menagkapnya harus menggunakan motor atau mobil buat ngejarnya.










5. Binatang dengan suara terkeras
paus biru
paus biru
Para ilmuan mengatakan bahwa binatang dengan suara terkeras adalah Ikan Paus Biru. Suara ikan paus biru lebih keras dari pada konser rock dan juga dari ledakan bom. Klo menurut penelitian sih suara ikan tersebut adalah 188 desibel. Angka itu sama dengan 1 juta kali suara mesin jet (waaaw bisa merusak gendang telinga tuh). Makanya kita wajib bersyukur kepada Allah swt karena ikan Paus Biru ini hanya tinggal di laut yang dalam.





Nah itulah Fakta Unik Tentang Binatang yang gua ketahui dari membaca sebuat ebook. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita  ya..

No comments:

Post a Comment

Sudah baca isinya? terimakasih bagi anda yang mau koment, kritik dan saran anda sangat berguna untuk saya dalam mengshare artikel seputar pembelajaran