Kali ini gua bakal ngeShare tugas dari dosen MPS alias Metode Penelitian Sosial. Dosen gua ini menugaskan membuat Proposal Penelitian buat tugas akhir sebelum uas. Nah yang gua share sekarag adalah Contoh Proposal Penelitian Bab I yang gua buat bareng kelompok gua. Semoga apa yang gua share bisa bermanfaat yaa.
Proposal Penelitian
- Mata Kuliah : Metode Penelitian Sosial
- Tema Penelitian : Pemasaran
- Topik Penelitian : Promosi penjualan terhadap permintaan konsumen
- Judul Penelitian : Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Permintaan Barang/Jasa bagi Mahasiswa IISIP Jakarta 2012
Bab I Pendahuluan
I.I Latar Belakang Masalah
Para era modern seperti sekarang ini, terdapat banyak
perusahaan-perusahaan bisnis baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil yang
berkembang pesat. Mereka bersaing dengan menciptakan produk demi untuk
mencukupi kebutuhan masyarakat dan juga untuk mencapai keuntungan. Permasalahan
yang timbul adalah bahwa semakin banyak perusahaan yang berkembang, maka
semakin tinggi pula tingkat persaingan dalam hal mendapatkan pelanggan yang
setia untuk membeli produknya. Dalam menghadapi persaingan yang semakin
ketat,maka perusahaan harus mengembangkan strategi yang baik untuk menarik
minat pelanggan khususnya untuk strategi pemasaran.
Menurut Widjaja
( A Market-Driven
Corporate Strategy,2004) strategi
adalah rencana tindakan dalam mencapai tujuan-tujuan kebijakan. Strategi yang
paling tepat digunakan dalam menghadapi persaingan antar perusahaan dalam hal
pemasaran salah satunya adalah dengan menggunakan strategi promosi penjualan.
Konsumen sering kali membeli suatu produk berdasarkan apa yang ia lihat dan ia
dengar mengenai suatu produk tertentu. Oleh karena itu, promosi penjualan
seperti pemberian potongan harga, pemberian kupon, pemberian diskon, dan
display produk, serta pemberian hadiah sangat penting untuk meningkatkan
permintaan konsumen terdahap produk yang dihasilkan perusahaan.
I.II Pertanyaan Penelitian
- Apakah ada hubungan promosi penjualan dengan permintaan konsumen?
- Bagaimanakah hubungan pemberian potongan harga terdahap permintaan konsumen?
- Bagaimana hubungan pemberian kupon dan diskon terhadap suatu produk terhadap permintaan konsumen?
- Bagaimana hubungan display produk terhadap permintaan konsumen?
I.III Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan suatu produk terhadap permintaan konsumen khususnya mahasiswa IISIP Jakarta angkatan 2012.
I.IV Manfaat Penelitian
Penelitian ini bermanfaat untuk para manajer perusahaa dalam
hal merancang strategi pemasaran yang tepat guna menarik minat konsumen
sehingga dapat meningkatkan permintaan produknya yang akan menghasilkan profit
bagi perusahaannya.
Nah itulah contoh proposal penelitian bab I yang gua buat. semoga bermanfaat buat kalian yang membacanya ya terlebih lagi buat yang mempunyai tugas yang sama kaya gua hehe...
_Phantom
ok
ReplyDeletebab 2 nya gg di kasih juga gan?
ReplyDeletewaaah ane belum sempet gan
ReplyDelete