Wednesday, March 27, 2013

Pengantar Ilmu Administrasi Niaga

Definisi Organisasi Niaga
Setiap Unit Organisasi yang menjalankan kegiatan-kegiatan bisnis sebagai maksud aktivitas pokonya.
Niaga atau Bisnis adalah kegiatan-kegiatan yang teratur dan kuntinyu berupa menadakan sesuatu (barang /jasa) yang dibutuhkan/diperlukan oleh masyarakat sambil memperoleh pendapatan.

Pengertian Administrasi Niaga
  1. Administrasi Niaga adalah "administrasi " dari suatu organisasi niaga secara keseluruhan (dalam suatu perusahaan tersebut dijalankan oleh direksi perusahaan tersebut).
  2. Administrasi Niaga adalah "administrasi" yang mengejar tercapainya tujuan-tujuan yang bersifat keniagaan (busness Objective). Administrasi Niaga itu dijalankan oleh setiap manajer dalam suatu organisasi bisnis/niaga.
Dan Untuk memahami administrasi niaga yang kita pelajari adalah gabungan dari dua pengertian tersebut diatas.
Cara Befikir para Usahawan Indonesia
  1. Cepat menghasilkan (quick yielding)
  2. Ada Pinjaan dari orang  kuat, yang dapat melindngi transaksi/ekonomi
  3. Modalnya dapat cepat "diselamatkan" begitu ada gelagat yang tida baik
Cara Berfikir Usahawan Modern
  1. Perhitungan pasaran seteliti-telitinya
  2. Penggunaan organisasi dan teknik perniagaan modern
  3. Berpegang teguh pada kontak dagang atau kontrak niaga, dokumen, dan kepasian hukum berdasarkan kelkulasi dan negosiasi yang ketat.
Cara Berfikir Businessman
  1. Befikir secara dagang : Perbedaan harga beli dan harga jual
  2. Berfikir secaran merhant : menguasai uang dan membuat orang-orang berkerja menghasilkan laba atau pembelanjaan dan pembiayaan kita
  3. Berfikir secara komersial :: Bekerjasama dengan orang-orang yang mempunyai keahlian/kekuasaan
  4. Berfikir secara Ekonimis : Efektif dan Efisien, menarik keuntungan dari kelangkaan, modal kecil untuk besar.
  5. Berfikir secara politik : menghindari konflik, menarik keuntungan dari pertarungan antara kekuatan2 dalam masyarakat.
  6.  Berfikir secara social : Kemajuan kita tergantung dari simpati dan dukungan masyarakat/para pembeli. 
  7. Berfikir secara hukum : Mengejar dan mengurus serta melindungi kepentingan2 organisasi. 
  8. Berfikir secara administrasi : Siklus usaha kita tergantung dari administrasinya (manajemen dan tata usaha).
  9. Berfikir secara psikologis : psikologis individu , psikologis social/masyarakat 
  10. Berfikir secara teknologi : Menarik keuntungan dari perkembangan dan kemajuan teknologi modern, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
Administrasi terdiri atas
  1. Pimpinan puncak (top manajemen) dari organisasi. 
  2. Pengembangan organisasi (organisation development). 
  3. Pengembangan system informasi organisasi ( intelijent, tata usaha, dan system informasi manajemen). 
  4. Pengembangan system manajemen. 
  5. Pengembangan system operasi dari organisasi. 
Yaps itulah sedikit Postingan gua tentang Pengantar Ilmu Administrasi Niaga. Semoga bisa bermanfaat untuk kita. aamiin
-Phantom

No comments:

Post a Comment

Sudah baca isinya? terimakasih bagi anda yang mau koment, kritik dan saran anda sangat berguna untuk saya dalam mengshare artikel seputar pembelajaran